Oct 30, 2013

Captain Phillips Review

 
"There's got to be something other than being a fisherman or kidnapping people"
Siapa Captain Phillips? Kenapa kisah hidupnya harus difilmkan? Mungkin memang tidak banyak yang tahu, Captain Phillips adalah kapten kapal Maersk Alabama yang menjadi korban pembajakan oleh bajak laut Somalia. Ia bahkan sempat ditawan oleh kelompok bajak laut tersebut selama beberapa hari. Kisah film ini sendiri diangkat dari buku karya sang kapten sendiri yang berjudul A Captain's Duty: Somali Pirates, NAVY Seals, and Dangerous Days at Sea (2010). Dan ya, ada nama Paul Greengrass di kursi sutradaranya, orang yang sama yang pernah menyajikan Bourne Supremacy dan Bourne Ultimatum ke hadapan kita. Ia juga pernah menyutradarai film berkisah pembajakan juga, hanya saja pembajakan pesawat, yakni United 93. Tidak sampai disitu, ada nama Tom Hanks di jajaran cast-nya, membuat film ini terlihat begitu menjanjikan.

Tahun 2009, Richard Phillips (Tom Hanks) ditugaskan menjadi kapten kapal MV Maersk Alabama yang membawa ratusan kontainer dari Oman ke Mombasa, namun jalur yang mereka lintasi adalah jalur dimana perompak Somalia sering beraksi.  Kekhawatiran Captain Phillips memuncak ketika ia melihat speedboat yang mengangkut orang bersenjata. Berbagai upaya dilakukan Captain Phillips untuk menghalangi para perompak tersebut masuk ke dalam kapal. Namun kelompok perompak tersebut rupanya lebih pantang menyerah karena kelompok yang dipimpin oleh Abduwali Muse (Barkhad Abdi) akhirnya berhasil masuk dan mengancam sang kapten sementara para awaknya bersembunyi. Sadar bahwa para perompak tersebut bersenjata sementara seluruh awaknya berada dalam bahaya, Captain Phillips berusaha menempuh jalan paling aman. Namun tidak semudah itu karena para bajak laut tersebut menuntut harta atau nyawa seluruh awak kapal taruhannya.



If you think you can breath while watching this movie, you're definitely wrong. Paul Greengrass hanya memberikan kesempatan penontonnya bernafas selama 20 menit awal, karena sisanya adalah adegan yang tidak hentinya membuat penonton menahan nafas. Paul Greengrass berhasil membawa penonton ke tengah lautan dan ikut bergabung bersama kru kapal Maersk Alabama dalam suasana under pressure dari perompak. Teriakan demi teriakan serta adu argumen antara sang kapten dan Muse berlangsung menegangkan, apalagi ketika anggota para perompak mulai menodongkan senjata.  Dan ya, naskah garapan Billy Ray secara tidak langsung memberikan kontribusi lewat dialog-dialognya. Belum lagi ciri khas Paul Greengrass, yakni shaky cam ditambah editing yang cepat menghasilkan adegan-adegan yang thrilling hingga akhir yang super menegangkan,

Kekuatannya tidak hanya disitu. Captain Phillips diperankan dengan sangat karismatik oleh Tom Hanks dalam salahsatu peran terbaiknya sepanjang karirnya. Tapi yang mencuri perhatian bukanlah Tom Hanks, melainkan Barkhad Abdi. Pria keturunan Somalia ini secara tidak terduga memainkan perannya sebagai pemimpin bajak laut dengan sangat baik, bahkan mengimbangi akting Tom Hanks. Adu argumentasi antara keduanya sebagai pemimpin dari kedua kubu berhasil memukau penonton, bahkan membuat penonton tercabik antara memusuhi Muse atau malah bersimpati kepadanya, apalagi ketika kita mengetahui motif dari Muse dan kawan-kawan membajak kapal. Jadi, tidak heran jika ada selentingan bahwa Barkhad Abdi layak mendapat nominasi Oscar. Selain Abdi, ada satu lagi aktor yang aktingnya tak kalah solid, yakni Faysal Ahmed yang memerankan Najee. Meskipun perannya tidak sebesar karakter Muse, namun akting Ahmed mampu membuat penonton kesal dengan karakter Najee.



Meskipun banyak sekali kontroversi ketika film ini dirilis, terutama dari kru kapal Maersk Alabama asli yang menuding bahwa film ini kadar keakuratannya jauh dibanding kejadian nyatanya, tapi Captain Phillips memang merupakan sebuah sajian yang tidak hanya menjadi hiburan semata, melainkan juga berkualitas. Paul Greengrass sekali lagi berhasil membuat penonton larut dalam ketegangan. Bahkan kita mendapat pelajaran bahwa terkadang orang menjadi jahat karena keadaan, bukan atas kemauannya sendiri. Captain Phillips menjadi salahsatu film bagus di tahun 2013 yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Rating: 8.6/ 10

No comments:

Post a Comment