Oct 27, 2011

Liburan sekaligus belajar bareng TOTAL E&P Indonesie.. Woo Hoo~


Seminggu kemaren aku break dari skripsi, Thanks God! Tapi bukan full liburan loh. Dari tanggal 17-21 Oktober 2011 kemaren aku ikut kuliah umum dari TPA (TOTAL Proffesieurs Associe gitu kalo gak salah). Yang ngadain salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, kata mereka sih nomer 5 di dunia, asal Perancis. Yap, kuliah umumnya dari TOTAL.


*prok prok prok*

Awalnya ikut serta acara ini karna diajak temen, Inggit namanya. Waktu itu malem-malem hari senin kalo gak salah aku di-sms sama si ganteng Inggit (semoga dia dan pacarnya gak baca..) yang tiba-tiba nanya nilai Bahasa Inggris sama nilai TOEFL. Aku takut sih sebenernya kalo ditanya-tanya gini, takut banyak yang iri sama nilaiku, itu aja. (padahal yang lebih tinggi banyak)



Nah demi menjaga kenyamanan temen-temen semua karna nilaiku yang terlalu tinggi, aku gak nyebut nilai Bahasa Inggris dan TOEFL-ku disini, tapi aku bales sms Inggit untuk nunjukkin respect aja sih, bukan mau pamer sambil nanya mau diapakankah nilai bahasa inggrisku dan TOEFL-ku itu.

Waktu itu Inggit bilang ada semacem pelatihan dari TOTAL di Balikpapan, syaratnya nilai Bahasa Inggris harus A ato nilai TOEFL-nya harus di atas 475. Karna salahsatu dari syarat itu aku lulus, jadilah aku diajak sama Inggit buat ikutan. Mau bangetlah, Cuma galau kalo acara itu ternyata bayar, jujur aku gak ada duit, udah habis buat beli togel tanggal 091011 kemaren. Tapi ternyata Inggit bilang gratis, YAEYALAH GUEH MAOH!!

Agak susah juga nyari temen-temen yang memenuhi syarat, karna akhirnya cuma dapet 1 orang lagi, Narez buat ikutan acara ini yang memenuhi syarat . Tapi akhirnya kita asal comot aja supaya kuota terpenuhi, akhirnya dapet Rizal, Devy dan Rifa’i.  agak ada unsure nepotisme juga sih ini, soalnya yang pergi anak Teknik Industri semua.. muaheuhauhauhue..

Karna fakultas-ku, teknik, diminta rektorat untuk ngumpulin 6 orang, akhirnya kita berenam mengemban misi ke Balikpapan buat… ngapain itu kita juga gak tau. Pokoknya waktu itu mikir, kalo dapet sertifikat dari TOTAL lumayan lah buat ngelamar kerja sekaligus ngelamar hati mertua ntar..

Begitu denger kenyataan kita bakal pergi berduabelas dari Samarinda, 6 orang lain dari fakultas ekonomi, kita girang bukan maen. Apalgi begitu denger kabar semua akomodasi dan transportasi ditanggung sama TOTAL, hwuahh.. rasanya pengen salto keliling kampus!
Kita dapet akomodasi Hotel Pacific Balikpapan. Kebetulan GM hotel ini orangtuanya temenku, tapi tetep sih aku gaktau yang mana GM-nya, tapi minimal aku tau gimana sih hotel Pacific itu. Agak girang begitu denger bakal nginep di hotel seminggu, maklum gak pernah nginep di hotel , paling banter cuma naek lift-nya doang.. kesian banget deh..

Dari yang kita tau, acaranya bakal diadain di Balikpapan, tepatnya di STT Migas selama 5 hari. Oia pelatihan yang dimaksud ternyata semacam kuliah umum gitu, temanya “Oil & Gas Project Management” jadi intinya tentang gimana me-manage proyek terutama proyek yang berkaitan sama minyak dan gas gitu. Awalnya kita paling cupu, maklum gak ngerti apa-apa soal minyak-minyakan. Sukur sukur deh tau bedanya bau minyak makan sama minyak tanah..

Kebetulan yang ngisi kuliah itu dua professor dari Perancis yang uda bangkotan banget kerja di TOTAL, Monsieur Pierre Bouchery dan Gabriel Fernet. Dua bule ini sama sekali gak bisa bahasa Indonesia dan bisa bahasa Inggris walopun belepotan gitu karna pake aksen Perancis. Alhasil aku cuma bisa ileran kalo ngedengerin mereka ngajar di kelas.

Tapi yang paling kita nikmati dari acara ini itu kehidupan mewahnya. Emang sih kita kudu kuliah dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore. Tapi di balik semua itu, lihatlah siklus kehidupan kita selama 5 hari:

06.00-07.30 : Bangun, mandi, pake baju. Intinya siap siap biar kece
07.30-07.45 : Breakfast hura-hura alias sarapan suka suka (PAPORIT GUEH INIH!)
08.00-10.00 : Ngiler di kelas alias belajar
10.00-10.10 : Coffee break. Bye akua gelas, selamat datang buavita orange!
10.10-12.00 : Ngiler lageh..
12.00-13.00 : Lunch break. No more akua gelas, akua botol here I come..
13.00-14.30 : Lagi-lagi ileran..
14.30-14.40 : Coffee break. Again. Nge-Buavita Orange lageh ah~
14.40-16.00 :  Ngiler..
16.00 : KYAAAAA~ PULAAAAANG!
16.00-19.00 : Terserah lo mau ngapain asal jangan lari-lari di lobi hotel
19.00-20.30 : Dinner galau karna pusing milih menyu (dijatah 75rebang seorang)
20.30-06.00 : Terserah mau bobo jam berapa asal bangun jam 6

Anehnya kalo di kelas aku kayak disirep gitu. Tiba-tiba kayak ngedenger Pierre sama Gabriel itu ngedongeng sambil nyanyi nina bobo, bawaannya ngantuk melulu. Pas break mau tidur 10 menit ajah gak pernah bisa, malah nyedot Buavita melulu. Apalagi kalo uda jam 4, mata seger benerrr. Niatnya mau bobo sore, tapi begitu nyampe hotel malah online (wifi gratisssssss!!!) ato nonton tipi (channel lengkaaaaap!!!). Nyampe kamar adeeemm bener secara kamar yang tadi pagi ditinggal berantakan, sorenya uda rapi ajah. Ninggalin baju di kresekan juga malemnya uda rapih gitu dikasi hanger, huft. Nyaman!

Mungkin Pierre tau aku selalu kesirep kalo dia ngajar, jadi dia dua kali ngasi aku jackpot, jelasin ulang apa yang dia jelasin barusan di depan kelas. JELASIN ULANG APA YANG DIA JELASIN BARUSAN DI DEPAN KELAS *nangis darah*

Tapi sukur dah dua kali aku disuruh maju gak pernah bikin malu. Setiap pertanyaan yang ditanya Pierre selalu bisa aku jawab, walopun aku harus ngelewatin fase nganga dulu setiap pertama kali denger pertanyaan yang dia kasih.. Hari terakhir aku dapet kejutan lagi. Aku dikasih kenang-kenangan dari Pierre dan Gabriel  berupa buku tentang Project Management yang ditulis sama Gabriel dan temennya. Padahal buku itu cuma 7 dan gak sembarangan dibagiin. Yang dapet cuma yang aktif di kelas, menurut Gabriel dan Pierre..

GUEH CUMA KENA JACKPOT MAJU KE DEPAN KELAS DISURUH JELASIN ULANG APA YANG DIA JELASIN DUA KALI DIBILANG AKTIF? Waw.  It’s an honor for me, dude..

posenya agak gak enak yah diliatnya -_-

Yang lain yang berbeda selama acara ini berlangsung adalah aku jadi rajin mandi. Iya rajin MANDI. Hal yang paling jarang kulakuin di rumah. Di kos gak usah ditanya, di rumah aja jarang, apalagi di kos..


ini yang bikin rajin mandi, rajin keramas, rajin nyanyi 'Alamat Palsu' di kamar mandi


Karna semua kenyamanan inilah, aku dan temen-temen ogah banget check-out waktu hari sabtu tiba. Semua kegratisan dan kenyamanan ini harus ditinggalin dan kita semua harus berjibaku lagi ngelawan rezim skripsi di kampus. Euh! Tapi mau gak mau kita harus pulang. Acara udah selese, daripada kita kena charge lebih..

Sebenernya banyak cerita lucu yang pengen aku bagi disini, tapi semua cerita itu gak bakal habis dengan satu postingan. Agak nyesel kemaren waktu di hotel gak manfaatin wifinya buat posting blog tiap hari. Yah di postingan lain bakal aku bagiin deh beberapa cerita yang bikin ngakak guling-guling karna kelakuan kita sendiri..



Beruntung banget aku bisa ikutan acara TPA. Yang jelas TPA ini gak akan terlupakan buat kita..

Au revoir..

Quinn Fabray  :*

No comments:

Post a Comment