Mar 6, 2016

88th Academy Awards: Full Winner List


Super telat! Yes, perhelatan Oscar sudah diselenggarakan tanggal 28 Februari 2016 kemarin (29 Februari pagi disni) dan saya telat posting! Ya, kebiasaan telat ini sudah sering terjadi setiap tahunnya. Karna kemarin saya bener-bener baru nyelesaikan nonton film yang masuk nominasi tanggal 29 Februari dinihari (tepatnya nonton The Danish Girl waktu itu tengah malam, selesainya jam setengah dua malam), jadilah saya gak punya kesempatan buat bikin list prediksi sebelum acara. Bahkan pas acara pun saya nekad streaming di tengah jam kerja sambil live tweeting! Dan akhirnya baru kali ini lah saya berhasil membuat tulisan soal 88th Academy Awards. Sebenanrnya kemarin punya niatan bikin list prediksi dan dipublish sehari sebelum acara, trus dilihat deh berapa banyak tebakan yang bener, tapi apa daya niatan itu lagi-lagi mesti pupus karna gak punya banyak waktu buat ngabisin film-film Oscar dan lebih milih film-film rilisan terbaru.

Perhelatan Oscar kemarin buat saya cukup fun, meskipun streaming di awal suka putus-putus dan pusing nyari link yang stabil. I was so delightful having Chris Rock as our host, dengan monolognya membawakan soal isu yang lagi hot disana (hashtag OscarWhite) and he turned it into plenty of jokes that I made me laugh so hard. Saya suka deleted scenes dari Joy, The Revenant, The Danish Girl dan The Martian yang luar biasa kocak. Saya suka R2-D2, BB8 dan C3PO muncul membacakan nominasi. Dan overall saya puas dengan pemenangnya, walaupun ada juga yang gak sesuai harapan. Mad Max menang besar dengan membawa 6 piala Oscar, The Revenant menang 3 Oscar dan Spotlight membawa 2 piala yang salah satunya didapat dari kategori Best Picture. Tapi momen yang membuat semua orang terharu mungkin adalah momen ketika dimana Leonardo DiCaprio akhirnya berhasil membawa pulang piala Oscar untuk pertama kalinya. Lihat hampir seluruh penonton dan tamu undangan berdiri begitu dengar namanya diumumkan.


Dan berikut saya tampilkan nominasi serta pemenang 88th Academy Awards dan sedikit komentar gak penting dari saya. Semoga berkenan :)


Best Picture

The Big Short
Bridge of Spies
Brooklyn
Mad Max: Fury Road
The Martian
The Revenant
Room
Spotlight - Winner

Comment:

Sebenarnya buat saya ini kejutan. Kebanyakan orang jagoin The Revenant (termasuk saya), though I would be so glad if Mad Max or Room win in this category. Tapi Spotlight bukan film yang gak pantes menang, beneran deh. Ini tipikal film yang bakal mencengkeram erat kamu lewat penceritaannya, dan didukung ensemble cast yang mumpuni. Fakta kalau Spotlight juga menang banyak lewat Independent Spirit Awards, Critics Choice dan SAG juga bukti kuat kalo film ini memang layak menang.


Best Director

Adam McKay, The Big Short
George Miller, Mad Max: Fury Road
Alejandro G. Iñárritu, The Revenant - Winner
Lenny Abrahamson, Room
Tom McCarthy, Spotlight

Comment:

Not a big surprise here. Dilihat dari pesaingnya, yang menonjol cuma nama Iñárritu dengan teknik long shoot nan dramatis itu. Kalo ada jagoan lain mungkin George Miler kali yah.  And for the record, he won Oscar two years in a row in the same category.


Best Actor

Bryan Cranston, Trumbo
Matt Damon, The Martian
Leonardo DiCaprio, The Revenant -  Winner
Michael Fassbender, Steve Jobs
Eddie Redmayne, The Danish Girl

Comment:

Ini jelas dan pasti jatuh ke Leonardo DiCaprio. Dia sudah menang Best Actor di berbagai penghargaan sebelumnya kayak di Golden Globe, Critics Choice, SAG dan BAFTA. Sebenarnya saya juga suka akting Fassbender di Steve Jobs, dia jelas jadi favorit kedua saya, dan penampilan Eddie Redmayne yang cantik itu jadi nomer tiga, tetep tidak bisa menggeser posisi Leo sebagai favorit tahun ini.


Best Actress

Cate Blanchett, Carol
Brie Larson, Room - Winner
Jennifer Lawrence, Joy
Charlotte Rampling, 45 Years
Saoirse Ronan, Brooklyn

Comment:

Sama predictable-nya dengan kemenangan Leo sebagai Best Actor, Brie Larson juga sudah menang besar di berbagai ajang perhargaan semacam Golden Globe, BAFTA, SAG dan Critics Choice lewat perannya sebagai Ma di Room. Not a big surprise karna saya sendiri juga suka banget penampilannya di Room.


Best Supporting Actor

Christian Bale, The Big Short
Tom Hardy, The Revenant
Mark Ruffalo, Spotlight
Mark Rylance, Bridge of Spies - Winner
Sylvester Stallone, Creed

Comment:

Kategori ini lumayan sulit diprediksi. Sylvester Stallone menang di Golden Globe dan Critics Choice sementara Mark Rylance menang di BAFTA. Kalau jagoan saya pribadi sebenarnya Tom Hardy, tapi ya ternyata akting Mark Rylance lebih impress di mata juri ketimbang old Rocky.


Best Supporting Actress

Jennifer Jason Leigh, The Hateful Eight
Rooney Mara, Carol
Rachel McAdams, Spotlight
Alicia Vikander, The Danish Girl - Winner
Kate Winslet, Steve Jobs

Comment:

Sejatinya favorit saya terbagi dua, antara Kate Winslet dan Alicia Vikander, karna kebetulan saya nonton filmnya di hari yang sama. Kate Winslet menang BAFTA dan Golden Globe, trus Alicia Vikander menang di Critics Choice dan SAG. Susah milihnya karna keduanya memang sama bagus meskipun akhirnya akting Alicia Vikander sebagai Gerda Wegener sang istri yang harus merelakan suaminya menjadi transgender lebih memuaskan para juri.

Best Original Screenplay

Bridge of Spies
Ex Machina
Inside Out
Spotlight - Winner
Straight Outta Compton

Comment:

Predictable. Spotlight menang juga di BAFTA dan Critics Choice untuk kategori ini. Kemenangannya di Oscar sudah bisa diduga banyak pihak, even oleh rookie semacam saya.

Best Adapted Screenplay

The Big Short - Winner
Brooklyn
Carol
The Martian
Room

Comment:

Sama seperti Spotlight, The Big Short yang di luar dugaan bisa menghibur ini juga menang di BAFTA dan Critics Choice untuk kategori yang sama. Kemenangan Big Short sama sekali bukan sebuah kejutan.

Best Animated Feature

Anomalisa
Boy and the World
Inside Out - Winner
Shaun the Sheep Movie
When Marnie Was There

Comment:

Karna ini Pixar dan Pixar hampir selalu menang kategori ini, apalagi pesaingnya juga kurang begitu tangguh dan hanya Inside Out yang menonjol. Gak heran dia menang.

Best Foreign Language Film

Embrace of the Serpent
Mustang
Son of Saul - Winner
Theeb
A War

Comment:

Belum nonton. Gak bisa kasih komentar apa-apa, kecuali fakta kalau Son of Saul juga sudah menang banyak di berbagai ajang pernghargaan sebelum Oscar. So it's predictable.

Best Documentary Feature

Amy - Winner
Cartel Land
The Look of Silence
What Happened, Miss Simone?
Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom

Comment:

Belum nonton juga. Memang banyak dijagoin selain The Look of Silence. Mungkin nanti bakal cari filmnya.


Best Cinematography

Carol
The Hateful Eight
Mad Max: Fury Road
The Revenant - Winner
Sicario

Comment:

Emmanuel Lubeszki menang lagi tiga kali berturut-turut untuk kategori yang sama! Ya gak heran karna memang The Revenant punya sinematografi yang cakep banget. Dia satu-satunya jagoan saya di kategori ini.

Best Film Editing

The Big Short
Mad Max: Fury Road - Winner
The Revenant
Spotlight
Star Wars: The Force Awakens

Comment:

Mad Max menang dan memang layak menang untuk urusan segi editing. Gak perlu meragukan kemenangannya disini. Kalo gak percaya tonton aja sendiri filmnya.

Best Production Design

Bridge of Spies
The Danish Girl
Mad Max: Fury Road - Winner
The Martian
The Revenant

Comment:

Walaupun secara pribadi lebih dukung The Danish Girl, tapi kalau Mad Max menang, saya juga gak akan komplain.

Best Costume Design

Carol
Cinderella
The Danish Girl
Mad Max: Fury Road - Winner
The Revenant

Comment:

Saya suka semua kostum di Cinderella, baju Cate Blanchett juga oke-oke disitu. Tapi juri lebih suka Mad Max, dan saya lagi-lagi gak akan protes, meskipun banyak orang mempertanyakan kemenangan Mad Max yang kebanyakan tokohnya 'gak pake kostum'.


Best Original Score

Bridge of Spies
Carol
The Hateful Eight - Winner
Sicario
Star Wars: The Force Awakens

Comment:

Saya jagoin Carter Burwel di Carol karna score-nya emang bikin saya mabuk kepayang pas dengernya, satu-satunya yang saya suka pas nonton Carol. Tapi fakta kalau Ennio Morricone adalah seorang legenda yang menang (setelah enam kali dinominasikan) Oscar pertamanya di usianya yang 87 tahun ini, I won't complain, meskipun bukan jagoan saya yang menang.

Best Original Song

“Earned It,” 50 Shades Of Grey
“Manta Ray,” Racing Extinction
“Simple Song #3,” Youth
“Til It Happens to You,” The Hunting Ground
“Writing’s on the Wall,” Spectre - Winner

Comment:

Kemenangan kontroversi karna banyak yang gak begitu suka sama Writing's on the Wall yang kedengeran cengeng untuk film Bond. Kalau saya pribadi lebih suka Earned It-nya The Weeknd meskipun lagu ini datang dari film yang menang banyak di Razzie Award

Best Visual Effects

Ex Machina - Winner
Mad Max: Fury Road
The Martian
The Revenant
Star Wars: The Force Awakens

Comment:

Sama kontroversinya. Ex Machina film yang bagus, tapi kalau best visual effects saya lebih jagoin Star Wars: The Force Awakens yang memang menghipnotis banget (selain faktor nostalgia yang bikin mewek). Tapi ya sudahlah.

Best Makeup & Hairstyling

Mad Max: Fury Road - Winner
The 100-Year-Old Man Who Climbed Out a Window and Disappeared
The Revenant

Comment:

Sekali lagi, saya gak akan protes kalau Mad Max yang menang, karna saya memang suka Mad Max.

Best Sound Mixing

Bridge of Spies
Mad Max: Fury Road - Winner
The Martian
The Revenant
Star Wars: The Force Awakens

Comment:

Kalau segi teknis begini jagoannya cuma dua, Star Wars atau Mad Max. Dan karna Mad Max yang menang, dan karna Mad Max menonjol banget dari segi teknis, it deserves to win.

Best Sound Editing

Mad Max: Fury Road - Winner
The Martian
The Revenant
Sicario
Star Wars: The Force Awakens

Comment:

Idem. No further comment. Witness Mad Max win big.

Best Documentary Short

Body Team 12
Chau Behind the Lines
Claude Lanzman
A Girl in the River - Winner
Last Day of Freedom

Comment:

Karna belum nonton, jadi gak bisa kasih komen mendalam.

Best Live Action Short Film

Ave Maria
Day One
Everything Will Be Okay
Shok
Stutterer - Winner

Comment:

Idem. Belum nonton juga jadi gak bisa komen

Best Animated Short Film

Bear Story - Winner
Prologue
Sanjay’s Super Team
We Can’t Live Without Cosmos
World of Tomorrow

Comment:


Gak nonton dan gak ngikutin kategori ini, so no further comment.

No comments:

Post a Comment