Apr 23, 2013

A (Little) Movie List for Summer 2013


Yay, summer time is about to come. Seperti biasa, mulai bulan Mei sampai akhir Agustus bisa dibilang merupakan periode dimana film-film berbudget besar dirilis. Sebagian besar film yang dirilis merupakan film yang memang dikhususkan untuk hiburan dan tidak perlu banyak berpikir untuk menikmatinya, walaupun ada juga film-film serius yang berani ambil resiko tayang di musim panas, dengan taruhan luar biasa besar. Sebagain besar film sukses,  walaupun tidak sedikit juga yang rugi. Tahun ini, Indonesia membukanya dengan Iron Man 3, yang rilis seminggu lebih awal dibanding US. Aren’t we lucky? Nah, don’t think so. Ada alasan tertentu kenapa di beberapa negara dirilis terlebih dulu, salahsatunya adalah karena di negara tersebut memiliki tingkat pembajakan yang tinggi. Jadi, pihak studio sengaja memberikan jadwal rilis lebih awal di negara tersebut supaya filmnya tetap laku. I don't know whether this one is the reason why it's released earlier or not, semoga saja untuk kasus Iron Man 3 ini bukan.
 
Back on track, on this year’s summer parade, Hollywood got plenty of movies that make us dying to see, karena ada banyak sekali film-film besar yang dirilis musim panas ini. Berikut beberapa film yang bisa dibilang sudah ditunggu-tunggu oleh jutaan moviegoers di seluruh dunia:

1. Iron Man 3

Why it’s worth to watch

Oh c’mon, it’s Tony Stark in his iron suit! Setelah Iron Man (2008) dan Iron Man 2 (2010) sama-sama menuai kesuksesan, plus assemble superhero movie The Avengers yang booming luar biasa tahun lalu, rasanya amat sangat wajar untuk menanti film ini. Film pendahulunya sendiri mampu mengkombinasikan cerita dan visual effect yang menghibur. Dan ditambah kemungkinan besar ini adalah film terakhir Iron Man dengan Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark, how could you miss this one?

Why it’s worth to watch

J.J Abrams berhasil me-reboot kisah Star Trek di tahun 2009 dengan kesuksesan yang luar biasa. Mulai dari Trekkies hingga yang buta dunia Star Trek (like me) berhasil jatuh cinta dengan film tersebut. Maka sekuel adalah sebuah keharusan. J.J Abrams berhasil mengumpulkan kembali seluruh cast sebagai awak U.S.S Enterprise plus Benedict Cumberbatch yang akan muncul sebagai karakter antagonis. Apalagi J.J Abrams memang sangat mahir membesut film sci-fi dengan efek dan cerita yang berimbang. These reasons should be enough for you.



Why it’s worth to watch:

Kalau kebanyakan film kualitasnya semakin menurun di tiap sekuelnya, justru ini tidak terjadi dengan franchise Fast & Furious. Ceritanya dinilai semakin lama semakin baik. Dan di Fast & Furious 6 ini ada Joe Taslim! Aktor Indonesia ini diplot akan memerankan salahsatu tokoh antagonis bernama Jah. Oh dear, you should put this movie on your list.



Why it’s worth to watch:  

Mmm.. let's see. Ada Christopher Nolan sebagai produser plus penyumbang ide cerita bersama David S. Goyer, Zack Snyder sebagai sutradara, Henry Cavill sebagai Clark Kent/ Superman, Amy Adams Sebagai Louise Lane dan Michael Shannon sebagai General Zod. Oh, ada dua pemeran Robin Hood sebagai ayah kandung dan ayah angkat Kal-El! Is it possible to leave such a big movie like this?





5. World War Z


Why it’s worth to watch: 

Brad Pitt dan zombies berkecepatan tinggi! Dengan sutradara Marc Foster yang dulu membesut Moster's Ball dan Quantum of Solace, dunia (lagi-lagi) diserang virus yang menyebabkan setengah populasi bumi berubah menjadi zombies, which are hungry for flesh. Lagipula sejak kapan butuh alasan lebih kalau sudah ada Brad Pitt sebagai pemeran utamanya?






Why it’s worth to watch:

Masih ada Hugh Jackman sebagai Logan/ Wolverine plus beberapa tambahan mutan seperti Viper di sekuel spin-off salahsatu mutan dari X-Men ini. Kali ini yang jadi sutradara adalah James Mangold, yang pernah sukses menyutradarai Girl, Interrupted (Jolie menang Oscar disini) dan Walk The Line (Reese Witherspoon menang Oscar di film ini). Fans sejati komik Marvel, terutama X-Men Universe tidak mungkin melewatkan film ini.





Why it’s worth to watch:

Meskipun karya-karya M. Night Shyamalan akhir-akhir ini kualitasnya semakin menurun (kata lain dari buruk), tetap saja ia adalah sutradara yang sama yang menghadirkan The Sixth Sense. Ditambah ada Will dan Jaden Smith dengan setting Bumi 1000 tahun dari sekarang dimana Bumi sudah tidak bisa dihuni lagi. Ring any bells? Yes, a lil bit look like Oblivion. Walaupun terdengar mirip, tapi tetap film ini punya daya tarik khas summer movies





Why it’s worth to watch:

Ada Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan dan Tobey Maguire dalam remake yang diangkat dari novel karya F. Scott Fitzgerald ini. Plus Baz Luhrman yang duduk di kursi sutradara. Walaupun sempat mengalami pengunduran jadwal rilis, rasanya film ini masih layak untuk disimak mengingat ada banyak unsur menjanjikan dari segi casting dan sutradaranya.






Why it’s worth to watch:

Setelah tahun 2010 Kick-Ass menerima banyak pujian, akhirnya sekuelnya rilis tahun ini. Meskipun Matthew Vaughn tidak kembali sebagai sutradara, tapi seluruh cast dari film pertama kembali hadir, ditambah Jim Carrey sebagai Colonel Starz. Lagipula pasti fans Chloe Moretz tidak akan melewatkan aksi idolanya sebagai Hit Girl dalam film ini.





Why it’s worth to watch:  

Kolaborasi terbaru dari Gore Verbinski dan Johnny Depp yang sebelumnya sukses bekerja sama dalam Pirates of the Carribean: Curse of the Black Pearl dan Rango. Yah, kalau ada tambahan lain, itu mungkin adalah Armie Hammer dan Helena Bonham-Carter, one of my favorite actress. Cukup layak disimak.






Why it’s worth to watch:

Guillermo Del Toro is back as director, baby! Setelah belakangan sering duduk di kursi produser, kali ini ia membuat fans film robot dan monster kegirangan. Ya, ini adalah film pertarungan antara robot dan monster, seperti Transformer digabung dengan Godzilla. Bayangkan, bakal se’besar’ apa film ini? Something’s wrong with you if you’re not interested in this movie.





12. Elysium

Why it’s worth to watch:

Neil Blomkamp yang sebelumnya sukses lewat film sci-fi District 9, kali ini kembali menggarap sekali lagi sci-fi dengan campuran nuansa politik. Bintang utamanya sendiri ada Matt Damon dan Jodie Foster. Pecinta sci-fi tidak mungkin melewatkan ini.







Why it’s worth to watch:

Film animasi Disney’s Pixar yang merupakan prekuel dari Monster Inc. Ceritanya seputar kegilaan yang dialami oleh Mike Wazowski dan James P. Sullivan yang ternyata dulunya adalah teman sekamar di asrama Monster University sebelum mereka sama-sama bekerja di Monster Inc. Promo viral marketingnya sendiri cukup menarik karena ada website resmi Monster University yang berisi informasi lengkap mengenai universitas tersebut seolah-olah universitas tersebut benar-benar ada. 



Why it's worth to watch:  

Minions! Iya, ada minion yang lucu-lucu itu. Setelah sukses dengan Despicable Me tahun 2010, kali ini Gru kembali dan menghadapi super villain baru. Masih menarik untuk disimak mengingat Despicable Me berhasil menghibur penonton, baik anak-anak maupun dewasa.







Why it's worth to watch:  

Trio Alan, Phil dan Stu kembali ke Las Vegas. Seluruh cast kembali hadir, baik dari film pertama maupun keduanya. Konon  ini adalah finale untuk seri Hangover. Masih disutradarai Todd Phillips, rasanya komedi yang satu ini masih akan tetap memancing tawa penonton.







Honorable Mentions: 
The Bling Ring
Only God Forgives
300: Battle of Artemesia (postponed until 2014 )
Epic
This is the End 
The World's End
Red 2
Planes
Smurfs 2

Mungkin ini adalah beberapa film yang dirilis musim panas yang diprediksi menjadi box office. Setengah film yang dirilis memang dibuat sebagai hiburan semata tanpa perlu berpikir sampai mengerutkan kening ketika menyaksikannya. Kemungkinan ada yang laris luar biasa di box-office dan di mata kritikus, kemungkinan juga sebaliknya. Sebenarnya ada banyak film lain yang sama besarnya, hanya saja dirilis di luar musim panas seperti Thor 2: The Dark World dan Hunger Games: Catching Fire atau The Hobbit: The Desolation of Smaug. Now which one will you choose to watch on theater?

No comments:

Post a Comment